Minority

Selamat Datang di Blog yang Sederhana ini.

Minggu, 05 Februari 2012

Candoia Carinata (Mono Pohon)


Candoia Carinata, dikenal di Indonesia dengan nama Mono Pohon, dan dengan nama umum Papuan Tree Boa (English). Ular ini merupakan ular endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Ular Mono Pohon ini sangat jinak, namun pada umumnya semua binatang mempunyai naluri untuk melindungi diri. Kalau pun tergigit ular Mono Pohon ini hanya dirasakan kagetnya saja. Bagi pemula yang ingin memelihara ular sebagai penyalur hobi dapat memeihara ular ini, karena ular Mono Pohon jarang sekali berlaku agresif seperti ular lain misal Kobra dan Viper. Dan ular ini tidak berbisa, gigitan Mono Pohon juga tidak berdampak pada klinis tubuh manusia secara fatal, karena Mono Pohon bukan ular berbisa.

Pada umumnya makanan ular Mono Pohon adalah Cicak, Katak, Pinkies (anak Tikus yang masih merah), bahkan juga Tikus yang berukuran kecil. Ular ini juga aktif pada malam hari (nokturnal), jadi suasana kandang jangan terlalu terang, dan jangan terlalu berisik, serta jangan sering dipegang (bisa berakibat stress) nanti malah tidak mau makan.

Ular Mono Pohon biasanya dibuat gelang oleh suku pedalaman di Papua, karena ular ini suka berada pada ranting-ranting pepohonan (maka dari itu disebut sebagai Mono Pohon). Jika dipelihara cukup sediakan ranting sebagai tempat si ular "bergelantungan" dalam kandangnya, dan juga berikan persediaan air yang cukup, serta beri makan yang teratur.

Karena ular Mono Pohon masuk dalam jenis Boa yang jelas berbeda dengan jenis Python yang pada umumnya bertelur. Ular Mono Pohon masuk dalam jenis Boa yang biasanya ular jenis Boa dapat beranak, dan ular Mono Pohon biasanya beranak hingga 10 ekor.

Anda berminat memeliharanya sebagai hobi atau bisnis reptil untuk tambahan isi kantong Anda..?
Itu semua tergantung pada pilihan Anda.:)

Sekian ulasan info dari saya.

Wassalam..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar